Senin, 17 Maret 2014

Tips Mengetahui Jenis-jenis Bahan

0 komentar
republiksablon.comSetelah republiksablon kenalan ama tinta, kini giliran kita sebagai layanan jasa sablon kaos manual ingin berlanjut  tentang apa saja yang perlu atau memang mesti diketahui dari dunia sablon manual.

Memang untuk tips kali ini gak ada hubungannya secara langsung dengan teknik sablon manual, tapi bukan berarti dilantarkan begitu saja/gak dianggap penting.

Soalnya, ada sebagian bahkan bisa dikatakan banyak dari teman-teman yang masih tidak mengetahui jenis-jenis bahan yang bakal digunakan sebagai media sablon kaos. Padahal untuk mengetahui pembeda antara jenis antara satu kain dengan yang lainnya cukuplah sederhana, yakni dengan cara mengelus-elus ke dua permuakan bahan tersebut.

Tinggal disimpulkan saja hasilnya, apakah serat benang halus, agak kasar, kasar, kasar banget. Jika sudah demikian tinggal dicocokan aja dengan ciri-ciri bahan tersebut. Ada pun ciri-cirinya/ tips untuk membedakan jenis-jenis bahan, antara lain:

a. Bila yang didapat serat benang lebih halus dengan hasil rajutan dan penampilan lebih rata maka dapat disimpulkan bahan tersebut adalah  Katun Combed ( Nama inggrisnya = Cotton Combed ).

Yups, jenis  bahan ini pada saat ini begitu digemari hampir seluruh orang bahkan bisa dikatakan bahan yang paling bagus, No. 1 :cantik biasa di pakai oleh merek kaos international SPYDERBILT, NO FEAR, BILLABONG, GIORDANO, ESPRIT, dan merek-merk lokal seperti JOGER, C59, IEBE, DAGADU. Bahan katun 20’s & 30’s ini sangat umum dipakai para pelaku DISTRO CLOTHING.

b.    Untuk berikutnya, bila hasil dari elus didapat agak kasar  dengan hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata dibandingkan yang pertama, maka bisa diperkirakan jenis bahan ini adalah Katun Carded ( Nama inggrisnya = Cotton Carded ) atau orang-orang menyebutnya semi combed.

Untuk bahan yang satu ini dapat dikatakan sebagai adik dari bahan yang pertama atau yang  bahan kualitas No. 2.  Tapi tak usah kuatir, untuk sifat bahan ini masih mempunyai kesamaan dengan yang pertama, yakni sama bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

c.    TC ( Teteron Cotton ).

Adapun bahan ini atau dapat dikatakan kurang lembut  dibandingkan dengan pemaparan sebelumnya. Maklumin saja, untuk jenis bahan ini merupakan campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester ( Teteron ) 65%. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.

d.  CVC ( Cotton Viscose )


Sama halnya dengan yang sebelumnya, bahan ini dirasa kurang lembut lantaran adanya perpaduan antara Cotton Combed dengan Viscose dengan perbandingan 55% : 45% Viscose.  Kendati demikian, bahan ini juga ada kelebihannya, yakni tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

e.Polyester atau PE

Untuk yang satu  ini sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya, maka untuk kainnya sendiri akan sangat berbeda. Soalnya, Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya


Gimana, masih bingung? Kalua masih datang aja ke tempat kami dengan alamat perbatasan antara Jakarta dnegan Tanggerang, yakni Ciputat


ini alamat lengkapnya, Jl. Raya Cirendeu rt 004/05
Pisangan Timur, CIputat
Tangsel
15412


0 komentar:

Posting Komentar